Feb 13, 2016

Kelengkeng Dataran Rendah Yang Cepat Berbuah

Kelengkeng Dataran Rendah Yang Cepat Berbuah

Kelengkeng Dataran Rendah Yang Cepat Berbuah

Bagi Anda penggemar kelengkeng, tentu tidak asing lagi bahwa tanaman buah kelengkeng secara umum dibedakan menjadi kelengkeng dataran rendah dan kelengkeng dataran tinggi. Kelengkeng jenis dataran rendah terkenal mudah berbuah dibandingkan dengan dataran tinggi meski tanpa perlakuan khusus (lengkeng booster). Untuk masyarakat yang tidak mau repot, dan hanya untuk keperluan koleksi, sangat direkomendasikan untuk menanam jenis kelengkeng dataran rendah. Hampir semua jenis kelengkeng dataran rendah mudah dibuahkan, jadi jangan khawatir jika tidak bisa berbuah.

Jika Anda pernah menanam atau mengetahui pohon kelengkeng yang tidak mau berbuah walaupun sudah dirawat intensif dan umurnya sudah bertahun-tahun, kemungkinan jenis kelengkeng yang ditanam adalah kelengkeng dataran tinggi ataupun kelengkeng lokal yang tumbuh dari biji (kelengkeng lokal juga terkenal susah berbuah). Kelengkeng dataran rendah juga bagus jika ditanam dalam pot atau dijadikan tabulampot.

Yang termasuk lengkeng asli dataran rendah diantara nya :
- Lengkeng Gading/kristalin
- Lengkeng PuanRay
- Lengkeng Aroma Duren
- Lengkeng Jendral
- dll

Kelemahan kelengkeng dataran rendah adalah dari sisi produktivitas, rasa, dan juga di beberapa varietas, buah yang dihasilkan masih mengandung banyak airnya seperti jenis diamond river. Sedangkan jenis lengkeng pingpong mempunyai kelemahan pada bijinya yang besar serta jumlah tajuk yang cenderung ngelancir (tidak rimbun). Sehingga jenis kelengkeng dataran rendah ini tidak disarankan untuk dikebunkan.

Kelengkeng Dataran Tinggi
Sedangkan kelengkeng yang termasuk kelengkeng dataran menengah dan dataran tinggi antara lain:
- Lengkeng Phuan Mane / Kristal
- Lengkeng Phuan Thong
- Lengkeng Khiew yee
- Lengkeng Sri Chompu
- Lengkeng Beaw Keaw
- Lengkeng new kristal
- dll

Kelengkeng jenis dataran tinggi ini biasanya dicirikan dengan daun yang tebal dan lebar / berdaun besar ( kecuali Phuan Thong dan Kaisar). Kadang kelengkeng dataran menengah tersebut bisa berbunga/berbuah secara alami tetapi agak sulit dan hasilnya tidak maksimal. Pembuahan kelompok lengkeng yang bisa beradaptasi baik di dataran rendah ini  biasanya dibuahkan dengan perlakuan aplikasi pupuk dan hormon yang biasa dikenal dengan aplikasi lengkeng booster.

Namun, keunggulan dari kelengkeng jenis dataran tinggi ini dari sisi produktivitas dan kualitas rasa buah. Makanya jika Anda berminat untuk mengebunkan kelengkeng maka disarankan untuk memilih kelengkeng jenis itoh/ new kristal.

Jadi, kelengkeng dataran rendah yang cepat berbuah adalah diamond river, pingpong, aroma durian. Dan secara umum hampir semunya mudah berbuah dan sangat cocok di tanam di halaman rumah atau untuk tabulampot. Namun jika diperuntukkan untuk dikebunkan perlu mempertimbangkan soal produktivitas serta kualitas, silahkan pilih jenis kelengkeng dataran tinggi. semoga bermanfaat!

*) kelengkeng = lengkeng = klengkeng.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kelengkeng Dataran Rendah Yang Cepat Berbuah

0 komentar:

Post a Comment