Feb 12, 2016

Lengkeng Booster : Cara Membuahkan Lengkeng Diluar Musim

Lengkeng Booster

paket lengkeng booster

Pasti banyak orang akan senang jika menanam sendiri pohon kelengkeng dan bisa menghasilkan buah di tangkainya. Apalagi jika tanaman kelengkeng yang berbunga itu berada di halaman rumah kita. Tentu senang sekali dan indah dipandang. Namun, adakalanya kita menjumpai tanaman kelengkeng yang sudah ditanam bertahun-tahun tidak kunjung berbunga. Walaupun sudah kita berikan pupuk dan perawatan yang ekstra.

Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi tanaman kelengkeng kita bisa berbuah ataupun tidak, salah satunya adalah soal jenis kelengkeng. Kelengkeng yang mudah berbuah adalah varietas kelengkeng dataran rendah. Contohnya adalah jenis kelengkeng/ lengkeng diamond river, kelengkeng aroma durian,kelengkeng pingpong, kelengkeng kristalin dll. Sedangkan jenis yang agak sulit berbuah (perlu perlakuan khusus untuk membungakannya) adalah kelengkeng itoh, kelengkeng kristal, kelengkeng new kristal dll.

Untuk kelengkeng yang sulit berbunga, memang diperlukan perlakuan khusus untuk membungakannya, yaitu dengan diberikan aplikasi lengkeng booster/ pupuk lengkeng booster. Lengkeng booster adalah semacam pupuk yang mengandung unsur N, P, K, asam amino, dan juga mengandung potasium chlorat(yang dikenal sebagai bahan peledak, salah satu bahan pembuat kembang api).

Saat ini, paket lengkeng booster yang ada di pasaran adalah dengan merk dagang : NASA, Nutrileng, Amazing Grow, Nongfeng, Farmpion, Vitalongan dll.

Bagaimana cara lengkeng booster? Tenang saja, jika Anda membeli paket lengkeng booster tersebut, sudah ada petunjuk untuk cara pengaplikasiannya. Namun perlu diperhatikan beberapa hal saat akan mem booster lengkeng tersebut, yaitu:
1. pemboosteran lengkeng sebaiknya di lakukan di saat tajuk daun sedang tua (daun berwarna hijau tua, tidak sedang ada kuncup muda) sebelum di lakukan pemboosteran lengkeng, diharapkan pohon di beri nutrisi yg cukup agar hasilnya bisa maksimal.
2. Kocorkan larutan lengkeng booster yg sudah dicampur air di sekitar pangakal pohon (kurang lebih 50 cm/ sesuai jangkauan daun terluar pohon) sedikit demi sedikit hingga terserap sempurna.
3. Setelah pengaplikasian lengkeng booster, usahakan tidak sedang musim hujan sebab jika terjadi hujan aplikasi yang telah dilakukan bisa gagal total akibat aplikasi lengkeng booster tersapu air hujan. Kalau sudah begitu kan sayang soalnya harga lengkeng booster kan tidak murah juga :D
4. Setelah aplikasi, rawat tanaman seperti biasa. Jarak seminggu dari aplikasi cukup di siram air biasa, setelah 30-45 hari pohon akan keluar bunga bersamaan dengan kuncup daun (biasanya).
5. Aplikasi lengkeng booster ini dapat membuahkan lengkeng di luar musim, tinggal diatur saja waktu pengaplikasiannya pada tanaman lengkeng.

Bagaimana, mau mencoba aplikasi lengkeng booster?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Lengkeng Booster : Cara Membuahkan Lengkeng Diluar Musim

0 komentar:

Post a Comment