Feb 11, 2016

Kelengkeng Itoh

Kelengkeng/ Lengkeng Itoh

Nama latin: Dimocarpus longan var. Itoh


kelengkeng itoh


Kelengkeng Itoh termasuk kelengkeng dataran tinggi. kelengkeng itoh ini banyak direkomendasikan oleh para ahli jika ingin mengebunkan kelengkeng secara komersial (budidaya dalam jumlah banyak) karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis kelengkeng lainnya. kelebihan tersebut adalah dilihat dari segi rasa (lebih enak), dan produktivitasnya (lebih banyak). Kelengkeng jenis ini terkenal susah berbuah jika ditanam di dataran rendah. Namun, saat ini sudah ada pupuk/ lengkeng booster yang dapat diberikan pada kelengkeng itoh ini agar berbuah.

Karena untuk pembungaan kelengkeng ini memerlukan pemberiaan lengkeng booster, makanya waktu pembungaaan yang sekaligus waktu panen dapat diatur oleh si pemilik pohon. Artinya sangat mungkin pohon kelengkeng itoh ini berbuah di luar musim kelengkeng. Salah satu ciri yang menonjol dari kelengkeng itoh adalah daunnya yang lebar (besar).

Morfologi:
- Buah berukuran sedang, daging buah tebal dan tekstur kering, biji kecil, dan rasa manis
- Introduksi dari Thailand, memerlukan perlakuan khusus untuk membungakannya. Daunnya lebih lebar dibandingkan dengan varietas kelengkeng lainnya, dan bagian bawah daun sering bernoda.

Manfaat buah:
- Vitamin C berperan sebagai antioksidan untuk menghambat radikal bebas
- Kalium membantu mengurangi risiko stroke dan menurunkan tekanan darah
- Kandungan fenol dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan kanker

Tips Kelengkeng Itoh Agar Berbunga
Saat tanaman sehat dan tidak ada pupus muda di daun berikan paket produk lengkeng booster dengan dosis sesuai anjuran. Produk ini mengandung unsur P dan K tinggi dan asam amino dengan konsentrasi tertentudan unsur KClO3 (potassium chlorate). 
*) saat ini ada beberapa merk untuk lengkeng booster ini

sumber: Buku ayo berkebun hervin, berbagai sumber.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kelengkeng Itoh

0 komentar:

Post a Comment