Sep 15, 2019

Kurma Barhee : Sejarah, Karakteristik dan Keunggulannya

Kurma Barhee/ Kurma Barhi

Kurma merupakan salah satu buah yang populer untuk umat muslim, tak terkecuali bagi umat islam di Indonesia. Kurma bukanlah tanaman asli Indonesia, namun setiap bulan Ramadhan  buah ini sangat populer dan dijual dimana-mana, dan hampir setiap muslim di Indonesia pernah memakannya.

kurma barhee

Salah satu jenis kurma yang terkenal yaitu kurma barhee atau kurma barhi. Kurma Barhee adalah kurma dengan tekstur lembut, berbentuk oval, dan sangat manis. Kurma ini merupakan salah satu jenis kurma yang paling populer di kalangan pecinta kurma ditandai dengan nilai penjualannya yang makin meningkat dari tahun ke tahun. 

Sejarah Kurma Barhee
Kurma Barhee berasal dari Basra, Irak, dan dibawa ke Amerika Serikat pada awal 1900-an. Asal usul nama Barhee sendiri masih terdapat sedikit misteri, beberapa orang mengklaim bahwa Barhee adalah referensi untuk angin gurun yang panas, yang umum terjadi di Basra. Namun yang lain mengklaim bahwa Barhee dinamai menurut nama orang pertama yang menyebarkan varietas tersebut. Ini akan senantiasa menjadi misteri yang tidak bakalan surut dalam sepanjang sejarahnya.

Pada saat diperkenalkan ke Amerika Serikat, Barhee bukan merupakan kurma komersial yang populer. Barhee di tahap matang (tamar) mempunyai tekstur sangat lembut, dan mudah hancur kecuali jika dilakukan tindakan pencegahan yang tepat sebelumnya. Sifat ini membuat Barhee tidak mungkin dikemas dan dikirimkan dalam jumlah banyak. Ini membuatnya peluangnya menjadi komoditas perdagangan menghilang. Barhee kemudian hanya disimpan di lahan perkebunan menjadi komoditas pribadi.

Pada pertengahan tahun 1900-an terjadi perubahan peruntungan yang dialami kurma Barhee. Ditemukan fakta bahwa kurma ini tidak hanya bisa dimakan pada tahap tamar (matang), tapi juga tahap rutab dan khalal. Hal ini membuat Barhee menjadi istimewa karena bisa bertahan secara komersial. Kurmanya bisa dipetik dan dijual di tahap khalal yang masih keras, buahnya bisa sampai ke pasaran tanpa pelanggan menjadi takut akan rusaknya buah. 

Karakteristik Kurma Barhee
Kurma Barhi (Barhee) adalah salah satu pohon kurma terbaik, ditandai dengan hasil panennya yang tinggi. Pohonnya memiliki batang yang besar dengan tinggi yang sedang, dasar daunnya luas, batang buahnya lebar, panjang dan berat.

Perlu Anda ketahui bahwa buah Kurma hanya terbentuk di pohon kurma betina, dan setiap bunga betina harus ditaburi / diserbuki serbuk sari dari bunga kurma jantan dengan bantuan manusia agar berbuah. Pohon spesial perlu perlakuan spesial.

Barhee lebih disukai oleh banyak konsumen di seluruh dunia karena produktivitasnya yang tinggi dan harga terjangkau. Kurma Barhee hampir berbentuk silindris, berwarna kuning terang sampai coklat gelap. Bila matang daging buahnya lembut, tebal, kaya rasa dan kualitas yang luar biasa.

Kurma Barhee dapat dipanen pada tahap "Khalal" (sebagian matang) atau saat warnanya kuning, pada tahap "Ruthob" dan "Tamar" yang benar benar matang, atau ketika buah ini telah memiliki kadar gula yang lebih tinggi, kadar kelembaban dan tanin yang lebih rendah.

Pohon kurma Barhee menghasilkan antara lima sampai dua puluh tandan kurma per pohon. Satu kelompok besar mungkin berisi lebih dari seribu kurma, dan bisa mencapat total berat 8 - 15 kg.

Selama tahap Kimri (mentah) atau hijau, buahnya kecil dan keras. Di tahap khalal, kurma ini mulai berubah menjadi Kuning. Pada saat musim panas kurma ini akan mempercepat pematangannya. Buah kurma ini dibungkus dengan kain atau kantong kertas, untuk mencegah burung-burung mematuk dan tumpahan air hujan.

* disadur dari berbagai sumber
* foto: diambil dari grup (Asosiasi Petani Kurma Indonesia).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kurma Barhee : Sejarah, Karakteristik dan Keunggulannya

1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete