Oct 22, 2019

Lengkeng Wusan

Lengkeng Wusan

Lengkeng wusan memang termasuk jenis lengkeng pendatang baru, minimal baru di ketahui di Indonesia belakangan ini, itupun tidak banyak yang tahu mengenai lengkeng ini. Lengkeng wusan memang tidak sepopuler lengkeng new kristal, lengkeng diamond river, lengkeng pingpong, lengkeng itoh,  maupun jenis lengkeng dataran rendah yang cepat berbuah lainnya. Setelah saya searching mencari informasi mengenai lengkeng jenis ini, dan hasilnya pun nihil. Sangat sedikit sekali informasi yang didapat mengenai lengkeng ini.  Bahkan di internet ada yang menyebutnya lengkeng dhousan. Sekilas dari Namanya mirip, tapi ntah itu merujuk jenis lengkeng yang sama atau malah lengkeng jenis yang sama sekali berbeda.

lengkeng wusan


Dari informasi di internet, disebutkan bahwa lengkeng wusan termasuk jenis lengkeng yang layak dikebunkan dengan alas an rasa buahnya yang manis dan kering serta berbiji kecil (sekilas mirip lengkeng new kristal/ lengkeng kateki. Lengkeng ini bisa ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi, serta besar buahnya hamper sama dengan lengkeng new kristal. Jenis lengkeng ini akan menjadi pesaing berat lengkeng new kristal karena sangat prospek untuk dikebunkan dengan perkiraan bisa berbuah di usia 2-3 tahun. 

Ada yang bilang bahwa lengkeng wusan ini mampu berbuah di dataran rendah maupun di dataran tinggi tanpa perlakuan khusus atau di booster tapi jika tanpa pemberian lengkeng booster/ perangsangan buah maka hasil buahnya tidak bisa sempurna atau besar buahnya tidak bisa barengan dalam setiap pohonya, Berbeda dengan jenis lengkeng dataran tinggi yang sebelumnya telah hadir di Indonesia, mungkin lengkeng wusan ini akan menjadi tanaman yang paling prospek untuk dikembangakan secara sekala kebun karena selain buahnya bagus, dan tidak diperlukan perlakuan khusus untuk membuahkannya sehingga para petani lengkeng tidak perlu repot-repot untuk membuahkan lengkeng jenis ini.

Kebetulan saya sudah menanam lengkeng jenis ini, dan saat ini sedang berbuah lebat (Oktober 2019). Namun, untuk membuahkannya memang masih menggunakan lengkeng booster. Setelah diberikan lengkeng booster, jarak sekitar 30-45 hari bunga muncul hamper di setiap pucuk daun, sangat lebat. Tinggal nanti diamati bagaimana ketahanan bunga untuk menjadi buah (kerontokan) serta kualitas buahnya. Sebagai standar/ pembanding tentu saja lengkeng yang terkenal jenis temperate (dataran tinggi) yaitu lengkeng new kristal. Fyi, di tempat saya lengkeng jenis new kristal kurang maksimal berbuahnya mungkin karena kurang perawatan (pupuk kandang dan penyemprotan insektisida). Pohon lengkeng new kristal rentan diserang hama, sehingga kurang maksimal berbuahnya.

Ciri Fisik Lengkeng Wusan
Lengkeng ini secara fisik dicirikan dengan daunnya yang lebar dan besar (seperti di gambar). Lengkeng ini dulu beli dari salah satu penjual online di Solo. Berbuah sangat lebat dengan perlakuan diberi lengkeng booster. Dibandingken lengkeng new kristal, jenis lengkeng wusan relatif tahan terhadap serangan hama. Ciri lainnya batang kokoh dan pertumbuhan relative cepat, tergantung perawatan. Lengkeng wusan sudah bisa dibuahkan usia 2-3 tahun setelah tanam. Jadi, tinggal nunggu informasi kualitas buah setelah panen, kalau kualitas buah bagus maka lengkeng ini menjadi varietas yang layak untuk dikembangkan secara masal alias dikebunkan. Semoga bermanfaat. Ayo menanam kelengkeng di pekarangan rumah atau lahan kosong lainnya!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Lengkeng Wusan

0 komentar:

Post a Comment