Sep 15, 2019

Bibit Kurma Barhee Kultur Jaringan: Solusi Menanam Kurma Agar Bisa Berbuah di Indonesia

Bibit Kurma Barhee Kultur Jaringan

Bibit Kurma Barhee Kultur Jaringan


Menanam kurma dengan bibit kurma kultur jaringan merupakan solusi paling cepat dan tepat dalam menentukan jenis kelamin tanaman buah kurma sejak dini. sehingga kita tidak perlu membuang banyak tenaga, waktu dan biaya. Salah satu jenis bibit kurma asal kultur jaringan yang populer di Indonesia sekarang ini jenis barhee. Pengertian kultur jaringan ialah teknik memperbanyak tanaman dengan menggunakan cara isolasi salah satu bagian tanaman seperti daun, mata tunas, dan untuk menumbuhkan bagian-bagian tersebut ke dalam media buatan secara aseptik dimana kaya akan nutrisi dan zat pengatur tumbuh dalam wadah yang tertutup yang dapat tembus cahaya sehingga bagian-bagian tanaman tersebut dapat memperbanyak diri serta bergenerasi menjadi sebuah tanaman lengkap. Keunggulan bibit yang diperoleh dari kultur jaringan adalah bibit sama persis dengan induknya sehingga sejak awal dapat dipastikan jenis kelamin dari tanaman kurma yang ditanam. 

Apa sich keunggulan bibit kurma barhee sehingga menjadi primadona para pecinta tanaman buah? Berikut ini beberapa keunggulan bibit kurma kultur jaringan varietas barhee :
1. Terbukti Mampu Berbuah di Daerah Tropis
Bibit kurma barhee merupakan salah satu bibit kurma hasil kultur jaringan yang sudah terbukti mampu tumbuh dan berbuah di lahan yang memiliki iklim tropis. faktanya Negara thailand telah berhasil membuahkan kurma barhee ini. kesuksesan ini membuat Indonesia menajdi tempat yang juga sangat cocok dalam menanam kurma karena sama sama berada di iklim tropis.
2. Memiliki Rasa Yang Lebih Manis
Bibit kurma barhee merupakan salah satu kurma tropis, sehingga tak heran jika buah kurma barhee ini mempunyai rasa manis diantara yang lain, hal ini dikarenakan pohon kurma barhee ini mendapatkan semua unsur yang dibutuhkan pohon kurma setiap tahun, lain halnya dengan kurma timur tengah yang kekurangan air.
3. Bersifat Genjah atau Cepat Berbuah
Bibit kurma barhee merupakan bibit kurma unggulan yang berasal dari hasil kultur jaringan, Salah satu kelebihan bibit kurma barhee ini adalah memiliki sifat yang genjah, pohon kurma barhee dapat mulai berbunga pada umur 4 tahun, berbeda dengan hasil perbanyakan generatif (biji) membuuhkan waktu sekitar 7-8 tahun untuk berbuah.
4. Dapat Dipanen Pada Fase Khalal
Kurma barhee bisa dipanen pada fase muda sehingga nilai ekonomis lebih tinggi
karena kurma barhee merupakan kurma tropis, maka rasa manis sudah muncul pada fase kurma muda sehingga sudah bisa dipanen pada masa khalal menjelang ruthob. Dan juga, kurma ruthob memiliki harga jual yang lebih tinggi dari tamr.
5. Sudah Dapat Dipastikan Jenis Kelamin
salah satu keunggulan Bibit Kurma barhee hasil kultur yakni sudah dapat dipastikan jenis kelaminnnya sejak dini. jenis kurma yang mampu menghasilkan buah adalah yang berjenis kelamin betina. sehingga jauh lebih efisien tanpa harus menunggu bibit berbuah terlebih dahulu untuk menentukan jenis kelaminnya.
6. Memiliki Kualitas Yang Seragam
Bibit kurma varietas barhee ini merupakan hasil kultur jaringan, dengan demikian bisa dipastikan 100% hasil kultur jaringan akan sama dengan induknya. sehingga bibit barhee kujar memiliki keseragaman kualitas, bentuk, warna, maupun rasa. sehingga sangat cocok untuk budidaya skala besar atau industri.

Demikianlah sedikit informasi tentang keunggulan kurma  barhee hasil kultur jaringan yang layak anda ketahui. Ternyata kurma barhee memiliki keistimewaan yang komplit untuk menjadi pilihan utama dalam budidaya pohon kurma skala besar mulai dari mampu hidup dan berbuah diiklim tropis, bersifat genjah dan memiliki rasa yang lebih manis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bibit Kurma Barhee Kultur Jaringan: Solusi Menanam Kurma Agar Bisa Berbuah di Indonesia

2 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete
  2. 2021 ford escape titanium hybrid console release date
    This console will be released ford titanium at launch in the USA columbia titanium pants in 2022 as part of the Alienware titanium vs steel Asia business and at the same time, we titanium knife believe it will be the first trekz titanium headphones true

    ReplyDelete