Mar 28, 2020

KAWASASAN AGRO INDUSTRI TERPADU

KAWASASAN AGRO INDUSTRI TERPADU

KAWASASAN AGRO INDUSTRI TERPADU (KAIT) yaitu kawasan yg dirancang sebagai Sentra Pertanian untuk mengolah produk petani seperti Singkong jadi tepung tapioka, gula cair dll. Kelapa jadi minyak VCO, nata de coco, serat serabut, karbon aktiv & komoditi2 pertanian lain untuk ditingkatkan nilai tambahnya sehingga yg keluar dari kawasan tsb. adalah BARANG JADI BERNILAI TINGGI agar kawasan pedesaan makmur.

Baca juga: Bertani dengan konsep zero waste farming.

So pasti limbah industrinya terdiri Serat, Karbohidrat, Bungkil Protein dll. yg bila diformulasikan dengan benar akan jadi PAKAN TERNAK untuk hasilkan DAGING & SUSU juga PUPUK KANDANG untuk menyuburkan & menyehatkan lahan PERTANIAN.

Kalau Industri Pengolahan Hasil Pertanian dipacu maka rakyat akan dengan senang hati menanam singkong, pisang, ubi dll untuk diolah di Kawasan Agro Industri Terpadu, Ekonomi Pedesaan akan tumbuh, kesempatan kerja dll dst akan terbuka, jangan biarkan rakyat jualan singkong, kelapa dll. ke kota tapi harusnya yang dijual hasil pengolahan yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi sehingga ada nilai seperti di negara-negara maju dari Pertanian berkembang menjadi Agro Industri.

(Achsin U. Choliq).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : KAWASASAN AGRO INDUSTRI TERPADU

0 komentar:

Post a Comment