Mar 28, 2020

AREN, PRODUSEN GULA SEHAT YANG DIKELOLA SETENGAH HATI



Bila bukit bukit ditanami Aren akan tahan longsor, nampak indah, di bawahnya bisa hidup ternak dengan nyaman. NAMUN YANG LEBIH DARI ITU ADALAH KEBUN AREN MEMILIKI POTENSI EKONOMI LUAR BIASA PER HA MENGHASILKAN GULA 6-10 x LIPAT DARI KEBUN TEBU apalagi kalau dijadikan GULA SEMUT harganya 5 X lipat dari gula pasir. 
Sayangnya, tanaman ini masih tumbuh liar belum dibudidayakan secara modern. Saatnya mulai untuk Budidaya Aren untuk Konservasi sekaligus Pemberdayaan Ekonomi.

Bila bukit bukit di pantai Selatan Jabar mulai dari Cikotok sampai Pangandaran ditanami Aren yang ditata rapi seperti Kebun Sawit maka Jabar bisa jadi Lumbung Gula Semut, kekayaan alam yang sedemikian dahsad yang kita tinggali. Terus kita impor gula pasir dari tebu sampai 4 juta ton dengan harga yang terus melambung.

Biarlah masyarakat yg mengelola Kebun Aren dibawah bimbingan IPB, UNPAD & universitas setempat di tempat, petani mengelola sampai gula setengah jadi terus PTPN yang mengolah menjadi Gula Semut untuk kebutuhan dalam negeri & untuk diexport.  Potensi ekonomi ini luar biasa, bisa membuka jutaan kesempatan kerja. 
Orang Badui hanya punya 6 pohon sudah bisa mencukupi hidupnya apalagi kalau dikelola profesional seperti kebun sawit tapi sepenuhnya milik rakyat TIDAK SEPERTI SAWIT. Jangan ditunda lagi agar dapat gula sehat harga terjangkau.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : AREN, PRODUSEN GULA SEHAT YANG DIKELOLA SETENGAH HATI

0 komentar:

Post a Comment