Aug 31, 2016

Ini Cara Menyuburkan Tanaman Mudah Dan Murah Meriah

Ini dia beberapa nutrisi tanaman yang murah meriah dari dapur rumah sebagai cara menyuburkan tanaman Anda:


1. Air cucian beras
Ketika mencuci beras, tampung air bekas cucinya untuk menyirami tanaman. Air cucian beras ini mengandung B1 yang merupakan salah satu sumber energi bagi tanaman untuk beraktifitas dan beradaptasi dengan media/lingkungan baru. Siram air cucian beras langsung ke tanah, bukan di daunnya, karena akan meninggalkan noda putih pada daun.

2. Air rebusan telur
Kalau Anda mengkonsumsi telur karena kandungan proteinnya yang bergizi, tanaman juga membutuhkan mineral, kalsium, dan vitamin lainnya dari kulit telur yang direbus. Dinginkan dulu air rebusan telur selama semalam, baru disiramkan ke tanaman. Selain airnya, Anda bisa menumbuk kulit telur dengan arang sampai halus. Lalu taburkan pupuk kulit telur tersebut ke akar tanaman, dan siram dengan air.

3. Vetsin/penyedap rasa
Nah, kalau Anda sudah tak lagi menggunakan vetsin (MSG/Monosodium Glutamat) untuk memasak, manfaatkan saja sebagai pupuk tanaman. Pupuk vetsin ini baik untuk pertumbuhan daun. Taburkan vetsin ke tanah atau akar tanaman, kemudian siram dengan air agar meresap. Lakukan setiap 5 hari atau seminggu sekali.

4. Kulit pisang
Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada kulit pisang juga diperlukan untuk tumbuh kembang tanaman. Tumbuk dan haluskan kulit pisang, larutkan dalam air, kemudian siramkan ke tanaman.

5. Air dan ampas teh
Sisa air teh atau ampas teh bisa Anda siramkan ke tanaman untuk pertumbuhan daunnya. Pupuk dari air dan ampas teh ini juga aman dicampurkan dengan vetsin dan bisa disiramkan setiap hari.

6. Ampas kopi
Seperti yang pernah dilansir majalah Trubus, ampas kopi mengandung nitrogen, potasium, dan fosfor yang dibutuhkan tanaman. Nah, Anda bisa menaburkan ampas kopi pada sekitar akar tanaman atau sayuran.

7. Agar-agar
Larutkan 2 sendok bubuk agar-agar dalam segelas air panas. Kemudian campur dengan 3 gelas air dingin, aduk rata, lalu siramkan pada akar tanaman. Lakukan ini setidaknya seminggu sekali.

8. Air kelapa
Air kelapa sudah banyak diteliti sebagai penyubur tanaman karena kaya akan kalium, kalsium, magnesium, protein, serta vitamin dan mineral lainnya yang penting untuk pertumbuhan tanaman. Air kelapa juga berperan sebagai perangsang pembungaan pada tanaman anggrek.

9. Air cucian ikan, daging ayam dll.
Air cucian ikan, daging dan sejenisnya juga bagus untuk pupuk alami yang murah meriah. daripada dibuang begitu saja, Anda bisa coba siramkan di sekitar perakaran tanaman. Dijamin mak nyusss... Air sisa cucian ikan atau daging dipercaya mengandung mineral-mineral yang diperlukan oleh tanaman. 

Nah, dengan memanfaatkan pupuk alternatif dari dapur tersebut, tak ada lagi yang terbuang percuma. Dan pastinya, Anda juga bisa lebih menghemat plus memiliki tanaman yang lebih subur. Selamat mencoba !!!

sumber: Facebook Aris Basuki

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini Cara Menyuburkan Tanaman Mudah Dan Murah Meriah

0 komentar:

Post a Comment