Mar 28, 2020

RUMAH PETANI MASA DEPAN

RUMAH PETANI MASA DEPAN
Sering dikeluhkan, petani hanya punya lahan 1/4 ha. Kalau hanya tani saja ya pengangguran tidak kentara, banyak waktu tidak produktif, harus ditambah domba setidaknya 10 ekor agar tiap bulan bisa jual anakan 2 ekor, kotorannya untuk sawah, pohon buah atau aren per pohon dengan bibit unggul bisa panen rata-rata 2-3 juta per tahun ada yang bisa 20 juta dengan 10-12 pohon cukup, bila putaran uang sudah mapan baru tambah itik & ikan yang biaya operasionalnya cukup tinggi.


Disinilah dinas harus berfungsi sebagai CENTER OF EXCELLENCE termasuk untuk mendapat Sertifikat & Pinjaman Modal, kalau Dinas hanya sibuk ngurus dirinya ya petani tidak maju & terus miskin, lembaga riset & teknis harus diperkerjakan, kalau perlu dipaksa untuk bekerja, jangan seperti sekarang.

(Achsin U. Choliq).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : RUMAH PETANI MASA DEPAN

1 komentar:

  1. jika lahan 1 ha di tanami rumput odot, bisa kasih pakan domba/kambing berapa banyak, agar rumput tersebut siklusnya tidak putus?
    ---
    asal air cukup mulai 50 ekor betina 5 jatan dulu sambil terus bangun kandang bila tanah subur 100-150 ekor, nanti akan ketemu siklus berapa ekor harus keluar dari kandang tiap bulan. Perkiraan saya sekitar 10-15 ekor per bulan.

    ReplyDelete